Sabtu, 29 Maret 2014

Sistem Berkas

APA ITU SISTEM BERKAS ?

Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, baik secara langsung maupun tidak, kita selalu berkaitan dengan data. Tanpa disadari data dari waktu ke waktu akan bertambah banyak. Bilamana data tidak dikelola dengan baik, akan menghambat dalam proses pengelolaannya, misalnya dalam pencarian kembali data, akan menemukan kesulitan atau memerlukan waktu yang cukup lama. 
 Selama ini data masih dianggap remeh atau sepele oleh sebagian besar orang, padahal suatu sistem bagaimanapun canggihnya bilamana tidak lengkap atau tidak ada datanya, maka sistem tersebut kurang atau bahkan tidak terlihat keunggulannya.
 Guna mengorganisasi atau mengelola data dikenal istilah Sistem Berkas.  Adapun pengertian Sistem Berkas atau pengarsipan adalah suatu sistem untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan data dari file tertentu dan mengorganisasi file yang digunakan. Sedang sistem akses yaitu cara untuk mengambil informasi dari suatu file.
Menurut Hirun-Nisya pada blogspotnya di tahun 2012, Pengertian Sistem Berkas adalah sekumpulan informasi yang saling berkaitan dan diidentifikasikan oleh pembuatnya. Sedangkan berkas adalah sekumpulan bit, byte, record dimana artinya didentifikasikan oleh pembuat dan pemakainya. File data dapat berbentuk numerik, alfabeth, ataupun alfanumerik. File dapat berbentuk bebas seperti file teks atau angka. Suatu file mempunyai nama dan diacu berdasarkan nama tersebut. Juga mempunyai komponen lain seperti tipe, waktu pembuatan, dan besar ukuran.
Klasifikasi Data dibagi menjadi 3, yaitu:
 a.    Data tetap, yaitu data yang tidak mengalami perubahan-perubahan, bersifat tetap dan biasanya dalam melakukan perubahan membutuhkan waktu yang lama.
 b.    Data tidak tetap, yaitu data yang mengalami perubahan secara rutin dan sukar untuk diprediksi karena sifatnya yang berubah-ubah.
 c.    Data yang bertambah menurut waktu, yaitu data yang merupakan gabungan data tetap dan data tidak tetap.

 Adapun istilah-istilah dasar yang digunakan dalam Sistem Berkas :
 Data : Representasi dari fakta yang dimodelkan dalam bentuk gambar, kata, angka, huruf dan lain sebagainya.
 Elemen data : salah satu nilai tunggal dengan satu petunjuk nama dan deskripsi karakteristik seperti tipe ( Char, nomor, kode ) dan         panjang karakter atau digit.
 Entitas : sekumpulan Objek yang terbatas / terdefinisikan yang mempunyai karakteristik sama dan bisa di bedakan dari lainnya. Objek dapat berupa barang, orang, tempat atau suatu kejadian.
 Attribut : Deskripsi data yang bisa mengidentifikasikan entitas.
 Field : Lokasi penyimpanan untuk salah satu elemen data, atau suatu elemen yang memiliki attribut dan harga dan merupakan unit informasi terkecil yang bisa diakses.
 Record : Lokasi penyimpanan yang terbuat dari rangkaian field yang berisi elemen-elemen data yang menggambarkan beberapa entitas.
 File : Sekumpulan record dari tipe tunggal yang berisi elemen-elemen data yang menggambarkan himpunan entitas

0 komentar:

Posting Komentar